Mahasiswa Meninggal Tertimpa Puing Tembok, Ini Penjelasan Unper

oleh
Salah satu bangunan kampus Universitas Perjuangan yang menjadi Tempat Kejadian Perkara (TKP) sekaligus saksi bisu meninggalnya mahasiswa bernama Rega Haikal Faturrahman. Foto: Istimewa

KOTA TASIKMALAYA – Musibah kecelakaan yang merenggut korban jiwa melibatkan seorang mahasiswa meninggal dunia, dan satu mahasiswa lainnya alami luka-luka, terjadi di salah satu gedung kampus Universitas Perjuangan (Unper) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar). Senin 02/09/2024 malam.

Selain merenggut korban jiwa meninggal dunia atas nama Rega Haikal Faturrahman, musibah tersebut juga melibatkan satu mahasiswa lainnya yakni Muhammad Kasvi Rabani yang mengalami luka-luka serius. Sehingga keduanya sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat dan salah satunya dinyatakan meninggal dunia.

Menurut informasi yang beredar, seorang mahasiswa atas nama Rega Haikal Faturrahman tersebut menjadi korban hingga meninggal dunia akibat tertimpa besi di salah satu gedung kampus Universitas Perjuangan.

Almarhum Rega Haikal Faturrahman yang menjadi korban meninggal dunia, diketahui adalah warga Jalan Tamansari, RT 02/03, Kelurahan Tamanjaya, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya. Sedangkan korban yang selamat yakni Muhammad Kasvi Rabani, adalah warga Kampung Negla Kidul, Kelurahan Setiajaya, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya.

“Tadi magrib ada mahasiswa baru tertimpa coran bata proyek bangunan baru di Unper. Salah satu korban nya mahasiswa baru juga dari daerah Situ Cibeureum, anaknya kepala sakolah di kita,” ungkap sumber yang enggan disebutkan namanya via pesan singkat whatsapp. Senin 02/09/2024 malam.

Namun, pernyataan dari sumber tersebut seakan tak sama dengan keterangan kronologi yang dinyatakan oleh empat orang pihak Universitas Perjuangan pasca gelar konferensi pers di ruang lobi kantor universitas tersebut.

Keterangan Pers yang digelar pihak Universitas Perjuangan Tasikmalaya. Foto: Istimewa

“Kronologi nya berbeda dengan yang beredar diluaran. Sesungguhnya almarhum mahasiswa atas nama Rega Haikal Faturrahman, mengalami musibah kecelakaan tertimpa tembok semen yang terkelupas di bangunan tersebut,” ungkap Ketua Pelaksana PKKMB Unper, Selji Salgangga Mm, pada keterangan pers nya. Selasa 03/09/2024 siang.

Sementara dikatakan Selji, korban mahasiswa lainnya atas nama Muhammad Kasvi Rabani, alhamdulillah Ia selamat dan hanya mengalami luka-luka lecet dan memar saja. Saat itu pihak Unper langsung bertindak cepat pertolongan pertama membawa kedua korban ke Rumah Sakit.

“Korban lainnya Muhammad Kasvi Rabani, dia alhamdulillah selamat, hanya mengalami luka lecet dan ada memar saja. Pihak Unper saat itu juga langsung bertindak cepat membawa kedua korban ke rumah sakit memberikan pertolongan pertama,” katanya.

Namun Selji berujar, almarhum korban Rega Haikal Faturrahman tidak tertolong dan dinyatakan meninggal oleh pihak rumah sakit. Saat itu pihak Unper langsung mengunjungi keluarga kedua korban. Alhamdulillah kita semua dan keluarga korban sadar mengglanggap hal itu adalah musibah kecelakaan.

“Saat di RS, korban almarhum Rega Haikal Faturrahman dinyatakan meninggal oleh pihak rumah sakit. Pihak Unper juga saat itu langsung mengunjungi keluarga kedua korban. Alhamdulillah keluarga korban menyadari bahwa hal itu adalah musibah kecelakaan,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unper, Dr. H. D Yadi Heryadi Ir. Msc menambahkan, dengan kejadian tersebut, pihak Unper juga ikut merasakan duka yang mendalam. Semoga almarhum tenang dialamnya dan diterima disisinya, keluarga korban meninggal dan luka-luka juga semoga diberikan ketabahan.

“Adanya kejadian tersebut, pihak Unper ikut merasakan juga duka yang mendalam. Almarhum korban meninggal semoga tenang dan diterima disisinya. Kepada kedua keluarga korban juga semoga masing-masing diberikan ketabahan,” singkat Rektor Unper Tasikmalaya itu.

Reporter: Deni